WEB BLOG
this site the web

Kok lelehan lilin jadi sedikit dari pada asalnya?


Ketika kita membakar sebuah lilin hanya tersisa sedikit lelehannya, kemana lilin itu pergi? Apakah menghilang? Tidak,  lilin tersebut pergi ke udara sama halnya ketika kita membakar minyak tanah, hanya saja dalam wujud kimia yang berbeda.
Lilin kebanyakan terbuat dari parafin yaitu campuran hidrokarbon, seperti yang sudah kita pelajari di kelas 1 SMA, beliau adalah bahan yang banyak kita jumpai dalam minyak bumi. Seperti namanya senyawa hidrokarbon hanya terdiri dari atom-atom hidrogen dan karbon. Ketika bahan ini dibakar, mereka beraksi dengan oksigen dalam udara. Karbon dan oksigen berubah menjadi karbondioksida, sedangkan hidrogen menjadi air. Kedua produk ini berwujud gas pada temperatur bakar, jadi semua terbang ke udara dengan bebasnya seperti burung yang bahagia baru saja terlepas dari sangkarnya yang sesak dan wah wah wah wah malah bikin cerpen hehe semoga bermanfaat :).

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies