WEB BLOG
this site the web

Kenapa saat matahari terbit langit memiliki banyak warna ?

Ketika posisi matahari rendah (pagi atau sore) kita selau melihat langit yang berwarna-warni tidak seperti siang hari, mengapa? Hal itu disebabkan karena pada saat itu kita melihatnya pada keadaan atmosfer yang paling tebal. Ketika harus melalui atmosfer setebal itu, sebagian cahaya biru yang menujku ke arah kita terbaur ke berbagai arah (efek Tyndall), akibatnya cahaya yang sampai ke mata kita menjadi merah, jingga, kuning, tergantung pada ukuran partikel debu yang menggantung di udara dan warna lain yang terbaurkan oleh partikel-partikel debu.

Percobaan sederhana : siapkan segelas air putih, tambahkan beberapa tetes susu ke dalam gelas itu, lihatlah air itu ke arah sebuah lampu. Cahaya yang datang ke arah kita tidak memiliki unsur cahaya biru Karena terbaurkan oleh pertikel kasein dan gelembung lemak yang tersuspensi dalam susu dan warna yang lainnya akan terlihat tergantung konsentrasi paertikel ini dalam air. semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies