WEB BLOG
this site the web

Kenapa Mandi Harus Memakai Sabun?


Agar bersih dong!!!!! Ya iyalah pasti, anak bayi pun tahu. Namun permasalahannya mengapa harus memakai sabun dan mengapa sabun dapat membersihkan kotoran?

Pembuatan sabun sangat mudah dan bahan dasarnya sederhana hanya abu kayu,kapur dan lemak. Kita semua dapat membuatnya seperti cara orang Romawi sekitar 2000 tahun yang lalu yaitu dengan memanaskan batu kapur, kapur yang basah ditaburkan ke atas abu kayu yang masih panas kemudian didaduk hingga rata. Selanjutnya, masukan adukan yang menyerupai bubur itu ke dalam bejana yang berisi air panas dan mendidihkannya dengan potongan lemak kambing selama beberapa jam, akan terlihat lapisan buh berwarna coklat. Setelah dingin lapisan itu akan mengeras dan itulah sabun kita. Setiap sabun terbentuk dari reaksi antara lemak dan alkali (basa kuat). Sebagai ganti lemak kambing, sabun masa kini terbuat dari lemak daging sapi, anak domba, minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak biji kapas. Alkali yang digunakannya yaitu Natrium Hidroksida.
                Agar dapat membayangkan bagaimana sabun membersihkan kotoran, kita harus kenal terlebih dahulu dengan kotoran, kotoran terdiri dua jenis berdasarkan caranya mengotori kita, pertama beliau dilapisi air yang dapat menempel pada tubuh kita contohnya lumpur/tanah biasanya hanya dengan dibilas dengan air dan sedikit digosok kotoran ini akan hilang, namun bagaimana apabila beliau yang satu ini berselaput minyak? Kotoran tidak harus membawa minyaknya sendiri. Tubuh kita atau yang paling tepatnya kulit kita sudah berlapis minyak yang cukup untuk membuat partikel kotoran melekat. Namun kotoran seperti ini akan terus melekat, ingat bahwa minyak tidak seperti air yang dapat menguap dan mengering, pembilasan dengan air tidak akan mengusirnya karena air adalah musuh minyak.
Molekul sabun berbentuk panjang dan tipis, karena terbuat dari campuran senyawa organik (asam lemak) dan senyawa anorganik (alkali), molekul sabun mempunyai sebuah kaki organik yang strukturnya sama dengan molekul minyak oleh karena itu senang bergandengan dengan bahan berminyak, dan sebuah kepala anorganik yang memeiliki sepasang atom yang memiliki muatan listrik sedemikian rupa sehingga senang bergandengan dengan molekul-molekul air. Ketika berada didalam air, apabila molekul-molekul sabun bertemu dengan sekelompok kotoran berminyak, ekor mereka yang bersahabat dengan minyak akan mengikatkan diri ke molekul-molekul minyak, sedangkan kepala-kepala mereka membuat molekul sabun tetap menyatu erat dengan air. Hasilnya sang minyak tertarik kedalam air dan partikel kotoran yang awalnya disandera oleh minyak kini bebas untuk mengalir bersama air.
Hal lain yang dilakukan oleh sabun adalah bahan ini membuat air menjadi lebih basah, artinya sabun membantu air untuk merasuk lebih dalam ke celah-celah benda apapun yang sedang dicuci, karena molekul air memiliki sifat daya ikat yang luar biasa dengan sesamanya. Akibatnya, sebuah molekul air akan tertarik dengan sangat kuat oleh kawannya dibagian yang lebih dalam.


2 komentar:

felisha mengatakan...

adakah pembersihan yang dilakukan oleh sabun terhadap kotoran berminyak ini juga diparuhi oleh kepala sabun yang bersifat anion?

felisha mengatakan...

jika benar pembersihan ini dipengaruhi oleh kepala sabun yang bersifat anion...bagaimana pula dengan detergent yang dikategorikan sebgai detergent cation dan non polar??

bagaiman pembersihan yang dilakukan oleh detergent ini?

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies